Sejarah

By Administrator 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

SEJARAH SMP KARTINI 2 BATAM

Sekolah Menengah Pertama Kartini  Batam berdiri pada tanggal 1 Juni 1980 dan beralamat di Jl Budi Kemuliaan No. 1, waktu itu Gedung SMP Kartini masih satu lokasi dengan SMK Kartini, dan SMA Kartini, adalah sebagai salah satu  manifestasi dan komitmen Yayasan Keluarga Batam untuk membantu pemerintah menanggulangi masalah pendidikan di Batam.

Seiiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, serta perkembangan  jumlah penduduk di Batam. Pada  waktu itu pemerintah Pusat mencanangkan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Guna mendukung   program pemerintah Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun, maka mulai Tahun Pelajaran 2003 - 2004, SMP Kartini dikembangkan menjadi dua lokasi, dengan satu manajemen dan satu Kepala Sekolah. Lokasi pertama di Jl Kartini 1, Kompleks Perumahan Kartini di Kelurahan Sungai Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam dengan nama SMP Kartini 1 Batam, dan lokasi kedua di Jl. Raja Ali Haji Kompleks Perumahan Sumber Agung No. 3 Sungai Jodoh Batu Ampar Batam  dengan nama SMP Kartini 2 Batam.

Selanjutnya SMP Kartini 2 Batam  yang beralamat di Jl. Raja Ali Haji Komplek Sumber Agung No 3. Sei Jodoh, Batu Ampar Batam, memiliki luas lahan ± 2320 m2 . Terletak di jantung perdagangan Kota Batam, dengan suasan Perumahan yang nyaman, bersih dan rapi, merupakan lokasi yang sangat strategis karena  mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi,  dan menjadi  tujuan akhir jalur transportasi umum  (Bus Kota, Trans Batam, Angkot Bmbar, dsb). dari berbagai lokasi di Kota Batam.

Berdasar pengalaman dan usia, SMP Kartini 2 Batam yang telah berjalan 40 tahun, kemampuan untuk mengelola, mendidik, membimbing, dan membina peserta didik, sudah tidak diragukan lagi. Kepala Sekolah SMP Kartini 2 Batam saat ini Bp. Arief Yudhistira, S.Si., didukung oleh 15 Tenaga Pendidik dan dibantu oleh 3 Tenaga Kependidikan, memiliki 6 Ruang Kelas dengan kapasitas Ruangan untuk 40 siswa, .

Keberhasilan dalam menciptakan sumberdaya manusia di SMP Kartini 2 Batam,  diukur dari  prestasi akademik dan non akademik, seperti organisasi, extra kurikuler, sosial kemasyarakatan. Siswa dididk agar mampu memimpin dan mengorganisir, kegiatan sosial, kegamaan, olah raga, dan sebagainya.